PELATIHAN PKM 2011 SEPI PESERTA

SINGARAJA: Pelatihan Program Kreativitas yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris hanya diikuti oleh sekitar 45 peserta. Jumlah pelatihan rabu (3/8) kemarin memang jauh lebih sedikit dari pelatihan tahun lalu yang mencapai 100 orang.
Sepinya peserta pelatihan sepertinya dapat dikaitkan dengan minat mahasiswa yang masih rendah dalam hal menulis terutama menulis karya ilmiah. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua HMJ Pendidikn Bahasa Inggris, I Putu Arik Budiarsana. “Dapat dipastikan minat teman-teman mahasiswa yang masih rendah dalam hal menulis PKM. Padahal, kami dari panitia telah gencar-gencarnya mempublikasikan kegiatan ini.” Kata Ketua HMJ. Menurut ketua HMJ, publikasi telah dilakukan jauh-jauh hari dari bulan Mei. Publikasi pun sudah dilakukan di banyak tempat dan banyak kesempatan. Publikasi seperti pengumuman di facebook page jurusan, pemberitahuan Via SMS ke masing-masing coordinator tingkat kelas, pengumuman saat rapat-rapat besar ratam, dan pemberitahuan dari mulut ke mulut sudah rutin dilakukan. Akan tetapi, itu juga tidak berhasil menarik minat mahasiswa untuk mengikuti pelatihan PKM kemarin.
Pemakalah, Dr. I Nyoman Tika, M.Si mengakui kekecewaannya terhadap sepinya peminat pelatihan ini. “Masak dari 400-500an mahasiwa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, hanya 40an yang ikut pelatihan” kritik beliau disela-sela memberikan pelatihan. Beliau juga menyayangkan kurang pintarnya mahasiswa dalam membaca peluang untuk berprestasi. Akan tetapi, beliau juga memahami keadaan ini. Menurut beliau memang tidak semua mahasiswa memiliki minat untuk menulis. Tidak seorangpun dapat disalahkan dalam keadaan ini (arik).

0 comments: