HAMPIR SETENGAH JUMLAH PANITIA PELAKSANA YANG ABSEN

Singaraja: hampir setengah dari jumlah keseluruhan panitia pelaksana Ramah Tamah (Ratam) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Tahun 2011 tidak menghadiri rapat koordinasi ke III pada hari Minggu ini (31/7). Hal ini dilaporkan masing-masing koordinator seksi saat ditanya mengenai jumlah panitia yang menghadiri rapat oleh ketua panitia.
Bermacam-macam alasan melatarbelakangi ketidakhadiran sebagian besar panitia pelaksana. Mayoritas panitia menjadikan PPL Awal sebagai alasan ketidakhadiran mereka. Hal ini dibenarkan ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris, I Putu Arik Budiarsana.“Memang minggu-minggu akhir Juli dan awal Agustus ini, Panitia yang berasal dari semester III harus melaksanakan PPL Awal. Sayangnya, kebanyakan dari mereka yang melaksanakan PPL Awal di sekolah yang berada kampung halaman mereka sehingga membuat mereka sulit untuk menghadiri rapat” kata ketua HMJ.
Selain alasan masih mengikuti PPL Awal, ada juga panitia yang sedang sakit. Hal ini disampaikan oleh Koordinator seksi Pudekdok, Gede Guruh Bayu Nugraha, saat melaporkan kehadiran anggotanya. Selain itu, beberapa panitia juga berhalangan karena alasan lain seperti pulang kampung, mengikuti upacara keagamaan dan lain-lain. Hal ini yang sangat disayangkan oleh Ketua Panitia, Gede Alit Wijaya Saputra.
Guna mengatasi permasalahan ini, Panitia Inti kembali menekankan mengenai syarat mendapatkan hak sebagai panitia pelaksana yaitu piagam. “Sekali lagi saya ingatkan, panitia yang berhak mendapatkan piagam adalah panitia yang memiliki presentasi kehadiran minimal 75%” kata ketua panitia. Lebih lanjut ketua panitia juga menambahkan perkecualian. Perkecualiannya yaitu panitia bisa mendapatkan piagam walau kehadirannya kurang dari 75% dengan syarat panitia tersebut bisa memberikan kontribusi yang maksimal pada seksi yang bersangkutan pada khususnya dan pada kepanitiaan ratam pada umumnya. (Ari)

0 comments: