P.A.S PUSPA DEWI: GO PIMNAS XXV

SINGARAJA: Keberhasilannya menembus Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) sebanyak dua kali membuat Putu Ayu Sutaningrat Puspa Dewi ingin mengajak teman-temannya di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI red.) untuk menggalakkan Go PIMNAS XXV!!. Hal ini bahkan lebih dari tujuan sebagian besar pengusul proposal yaitu didanai dikti. Tekad besar ini disampaikannya saat berbagi pengalamannya di pelatihan PKM rabu (3/8) kemarin.
Menurut Puspa keberhasilan menulis PKM dimulai dari kepercayaan terlebih dahulu. Bahkan Oleh karena itu, Puspa mengajak seluruh peserta pelatihan untuk meyakini bahwa proposal yang mereka ajukan akan mencapai tahapan final yaitu PIMNAS. Hal ini sangat realistis jika memang peserta pelatihan sangat bersungguh-sungguh dalam mengikuti kompetisi tahunan ini.
Dia mencontohkan dirinya saat menyusun PKM dua tahun yang lalu. Saat itu Puspa menamai folder data-data PKMnya dengan judul “GO PIMNAS!”. Ini merupakan sebuah tindakan yang amat berani mengingat saat itu Puspa baru pertama kali menyusun proposal PKM yang diketuainya sendiri. PKM-P yang disusun bersama timnya pun dengan meyankinkan lolos seleksi dan didanai dikti dan bahkan meraih juara favorit presentasi di PIMNAS XXIII Bali.
Tentu saja apa yang diraih puspa ini bukan hanya dengan sekedar membangun kepercayaan dan me-rename folder data-data PKM menjadi “GO PIMNAS!”. Usaha-usaha nyata dilakukan bersama timnya mulai dari mengerjakan proposal dengan sungguh-sungguh, berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan lain-lain. Hal ini lah yang ditekankan oleh Pusapa pada peserta pelatihan. (Arik)

0 comments: